SMK NU Tunas Bangsa Bringin
SHARE :

Tetap Produktif di Bulan Puasa, Bagaimana Caranya?

10
04/2021
Kategori : Kesehatan
Komentar : 0 komentar
Author : SMK NU Tunas Bangsa


Tetap Produktif di Bulan Puasa, Bagaimana Caranya?

Tidak terasa dalam hitungan hari kita akan bertemu kembali dengan bulan suci Ramadhan dengan kondisi pandemi Covid-19 yang belum usai. Ramadhan datang membawa keberkahan bagi setiap umatnya. Di tengah pandemi covid19, kita harus menyambutnya dengan kegembiraan dan lapang dada. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dirindukan kedatangannya dan disayangkan kepergiannya.

Selama berpuasa, kita mengalami penurunan energi lebih banyak karena tidak mendapatkan asupan gizi yang cukup dibandingkan ketika tidak berpuasa. Tubuh menjadi cepat lelah dan konsentrasi pun menurun. Walaupun demikian, hal itu tentu bukanlah alasan untuk kita bermalas malasan. Kita harus stay strong dan tetap produktif dalam menjalankan segala aktivitas kita sehari harinya. Banyak hal yang dapat kita lakukan agar dapat tetap beraktivitas produktif selama menjalani puasa. Yang paling utama adalah merubah mind set kita bahwa beraktivitas di bulan puasa akan merasa lemas dan cepat lelah karena mind set sangat besar pengaruhnya terhadap keadaan diri seseorang.

Selain itu, kita juga dapat menjaga stamina dengan memperhatikan asupan makanan saat sahur dan berbuka puasa. Hal ini dapat dilakukan dengan menghindari konsumsi gorengan, santan, kafein serta makanan dan minuman manis secara berlebihan. Kemudian, menambah porsi makan buah-buahan untuk mencegah dehidrasi. Dan jangan lupa untuk mengonsumsi minimal 8 gelas air putih agar tidak mudah merasa lemas dan kantuk.

Cara lainnya agar tetap produktif meski berpuasa adalah dengan mengisi waktu kita dengan kegiatan-kegiatan produktif, seperti tetap semangat mengikuti pembelajaran daring, membaca buku islami, ikut pengajian ramadhan dan fokus beribadah dengan menambah sunnah dan membaca Al-Qur’an. Ini diiringi dengan mengurangi aktivitas yang kurang penting, seperti menonton televisi atau begadang. Serta memperhatikan waktu istiahat agar kita tidak kelelahan ketika beraktivitas di siang harinya. Ya, Ramadhan memang bukan ajang untuk bermalas malasan. Justru di bulan yang istimewa inilah kita harus aktif mengejar pahala sebanyak-banyaknya. Yuk, tetap semangat, tetap produktif dan tetap menjaga kesehatan dengan selalu mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid19.

Berita Lainnya

25
09/2021
22
09/2021
15
09/2021
14
09/2021
PELAJAR INDONESIA MAKIN CAKAP DIGITAL
Author : SMK NU Tunas Bangsa
13
09/2021
KENAPA SISWA SMK PERLU PRAKERIN/MAGANG?
Author : SMK NU Tunas Bangsa


Tinggalkan Komentar