SMK NU Tunas Bangsa Bringin
SHARE :

Siswa SMK Calon Pencari Kerja, Persiapkan Keahlian Bahasa Inggris Agar Diterima Melamar Kerja!

13
03/2021
Kategori : Gurupedia
Komentar : 0 komentar
Author : SMK NU Tunas Bangsa


Siswa SMK Calon Pencari Kerja, Persiapkan Keahlian Bahasa Inggris Agar Diterima Melamar Kerja!

 

Perkembangan zaman serta diiringi semakin banyaknya perusahaan asing di Indonesia, mau tak mau memaksa para calon pencari kerja harus mampu berbahasa Inggris dengan fasih. Para calon lulusan SMK maupun perguruan tinggi harus mempersiapkan diri bersaing dengan para pencari kerja lain baik dalam satu lingkungan maupun dari wilayah lain ketika akan mencari kerja. Tentu, kompetensi keahlian maupun keterampilan lain seperti Bahasa Inggris harus dimatangkan sebelum lulus apabila mau memenangkan persaingan di dalam mencari pekerjaan nantinya.

Di dunia usaha yang makin mengglobal seperti saat ini, semakin banyak perusahaan lokal Indonesia yang masuk ke pasar internasional. Indomi contohnya, sudah membuka pabrik di Afrika, Timur Tengah, Eropa bahkan Amerika. Ada juga Pertamina yang sudah melanglang buana menambang sumur-sumur migas di Afrika.

Selain itu, juga semakin banyak perusahaan dunia yang masuk ke Indonesia. Bisa kita lihat di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah misalnya. Kawasan pabrik tersebut merupakan lokasi dibangunnya pabrik-pabrik berskala dunia. Bahkan produknya sudah diekspor ke berbagai negara.

Lulusan SMK yang tidak melanjutkan Pendidikan ke perguruan tinggi mau tidak mau harus bekerja apabila tidak ingin menjadi beban keluarga dan masyarakat dari segi finansial atau keuangannya. Tentu apabila mau memenangkan persaingan dalam mencari pekerjaan, harus membawa bekal-bekal berupa kecakapan keahlian yang mumpuni. Namun di era global seperti saat ini, kemampuan dalam bidang lain seperti Bahasa Inggris sangat dibutuhkan dan suatu saat akan menjadi persyaratan mendasar. Sehingga, penggunaan bahasa Inggris akan makin dirasakan sebagai suatu keharusan.

Sebagai contoh sederhana apabila pemilik perusahaan adalah pihak asing, tentu dalam bekerja untuk mengetahui maksud perintah atasan harus mengerti Bahasa yang digunakannya. Tidak banyak orang yang faham Bahasa Inggris, sehingga hanya sedikit orang yang akhirnya menjadi tangan kanan pemilik perusahaan tersebut untuk meneruskan perintah atasan kepada bawahannya.

Selain itu, terlihat dari kasus dimana seringkali pelamar kerja gagal mendapatkan posisi yang diimpikannya hanya karena tidak memiliki soft skill seperti Bahasa Asing selain keterampilan hard skillnya. Akhirnya, lulusan SMK dan para pencari kerja yang semasa belajar tidak sungguh-sungguh hanya akan mendapatkan posisi pekerjaan yang tidak menguntungkan dan bergaji sedikit. Padahal diluar sana, banyak sekali peluang pekerjaan yang menjanjikan gaji dan posisi yang nyaman untuk pelamar kerja bahkan bagi lulusan SMK.

Dalam dunia modern yang penuh tantangan dan persaingan yang ketat ini, setiap orang disarankan untuk tidak hanya memiliki keahlian dasar, namun juga dituntut untuk memiliki keterampilan khusus, yang lazim kita sebut soft skill tadi. Dan salah satu soft skill yang paling dibutuhkan saat ini adalah Bahasa Inggris.

Sehingga apabila saat ini masih duduk di bangku sekolah, sebelum lulus dan mencari kerja, lawan rasa malas dan takut mempelajari Bahasa Inggris itu demi meraih kenyamanan dan kemapanan di masa depan. Persiapkan diri juga dengan sebaik mungkin dan serap berbagai pengetahuan serta soft skill yang diajarkan di sekolah dan cari soft skill lain yang tidak diajarkan di sekolah.

 

Diolah dari today.line.id

 

Berita Lainnya

3
06/2021
2
06/2021
In House Training Penyusunan E-KTSP 2021/2022
Author : SMK NU Tunas Bangsa
10
05/2021
{PENTING} Surat Persetujuan Tatap Muka
Author : SMK NU Tunas Bangsa
10
05/2021
11
04/2021
10
04/2021


Tinggalkan Komentar