SMK NU Tunas Bangsa Bringin
SHARE :

Selamat Hari Santri Nasional 2021 : Santri Siaga Jiwa Raga.

22
10/2021
Kategori : Ke-NU-an
Komentar : 0 komentar
Author : SMK NU Tunas Bangsa


Selamat Hari Santri Nasional 2021 : Santri Siaga Jiwa Raga.

Setiap 22 Oktober seluruh santri di Indonesia akan memperingati Hari Santri Nasional. Setiap tahunnya, Hari Santri Nasional selalu diperingati dengan membawa tema tertentu. Pada 2021, Hari Santri Nasional mengusung tema “Santri Siaga Jiwa dan Raga”.

SMK NU Tunas Bangsa turut berpartisipasi memperingati Hari Santri Nasional dengan mengikuti Apel Hari Santri 2021 yang diadakan MWC NU Kecamatan Bringin. Apel Hari Santri diikuti oleh pengurus NU beserta badan otonomnya, santri-santri dari pondok pesantren, Madrasah dan SMK NU Tunas Bangsa yang ada di kecamatan Bringin. Pelaksanaan apel juga tetap memakai Standart Operasional Prosedur (SOP) pencegahan covid19.

Dalam apel hari santri, inspektur upacara membacakan sambutan Menteri Agama dalam upacara Hari Santri Nasional 2021. Maksud tema Santri Siaga Jiwa Raga adalah bentuk pernyataan sikap santri lndonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela Tanah Air, mempertahankan persatuan lndonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia. Siaga Jiwa berarti santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran lslam rahmatan lil’alamin serta tradisi luhur bangsa lndonesia. Bila zaman dahulu jiwa santri selalu siap dan berani maju untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan lndonesia, maka santri hari ini tidak akan pernah memberikan celah masuknya ancaman ideologi yang dapat merusak persatuan dan kesatuan lndonesia. Siaga Raga berarti badan, tubuh, tenaga, dan buah karya santri didedikasikan untuk lndonesia.

Oleh karena itu, santri tidak pernah lelah dalam berusaha dan terus berkarya untuk lndonesia. Jadi, Siaga Jiwa Raga merupakan komitmen seumur hidup santri yang terbentuk dari tradisi pesantren yang tidak hanya mengajarkan kepada santri-santrinya tentang ilmu dan akhlak, melainkan juga tazkiyatun nafs, yaitu mensucikan jiwa dengan cara digembleng melalui berbagai ‘tirakat’ lahir dan batin yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tema Santri Siaga Jiwa Raga menjadi sangat penting dan relevan di era pandemi Corona Virus Desease (COVID-19) seperti sekarang ini, di mana kaum santri tidak boleh lengah dalam menjaga protokol kesehatan 5M+1D (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Mengurangi Mobilitas, dan Doa).

Selamat Hari Santri Nasional, semoga semangat perjuangan para ulama pendahulu kita untuk merebut kemerdekaan di masa lalu senantiasa tumbuh dan berkembang di setiap jiwa dan hati santriwan dan santriwati.

Berita Lainnya

22
10/2021
Mempersiapkan Pendakian Gunung
Author : SMK NU Tunas Bangsa
22
10/2021
1
10/2021
30
09/2021
Pelajar dan Sejarah G30S/PKI
Author : SMK NU Tunas Bangsa


Tinggalkan Komentar