SMK NU Tunas Bangsa Bringin
SHARE :

Selamat Hari Olahraga Nasional:Badan Sehat Jiwa Kuat

9
09/2021
Kategori : Kesehatan / Sekolah
Komentar : 0 komentar
Author : SMK NU Tunas Bangsa


Selamat Hari Olahraga Nasional:Badan Sehat Jiwa Kuat

Setiap tanggal 9 September Indonesia memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas). Ini jadi tahun kedua Haornas diperingati di tengah suasana pandemi Covid-19. Namun, jangan sampai kondisi ini mengurangi semangat untuk tetap sehat dan bugar lewat olahraga.

SMK NU Tunas Bangsa Bringin dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional mengadakan kegiatan Long March dari SMK NU Tunas Bangsa Bringin ke Goa Rong Tuntang. Kegiatan ini di pimpin oleh Bapak M. Firdaus Fakhrurozi,S.PdI. Kegiatan diawali dengan pembukaan yang disampaikan oleh Kepala SMK NU Tunas Bangsa Ibu Nafiatin Nazilah,S.Pt. Beliau menyampaikan kegiatan long March ini juga akan menjadi awal perekrutan anggota pecinta alam SMK NU Tunas Bangsa. Perjalanan dengan jarak kurang lebih 8 km ditempuh anak-anak dengan jalan kaki. “Definisi berjalan adalah sebuah proses jatuh yang gagal. Kita sebetulnya mau jatuh tapi kita menumpu lagi. Karena step berjalan itu ada heel strike, mid stance, toe off, kemudian swing. Itu proses yang terjadi terus. Rasa yakin dalam diri kalian semua nantinya yang akan turut membantu meringankan langkah kaki kalian,”tutur ibu Nafiatin Nazilah,S.Pt.

Jalan kaki tidak hanya melatih kekuatan kardio respirasi jantung dan paru. Kemudian dapat jalan sehat dapat melatih otot, meskipun tidak seperti latihan anaerobic seperti angkat beban. Namun yang dilatih adalah kordinasi geraknya. Maka orang itu nantinya tidak mudah lelah. Aliran darah menjadi lebih bagus karena jantungnya yang terlatih untuk lebih bagus. Pembuluh darah yang tadinya sempit menjadi terbuka karena banyak bekerja.

Orang yang jarang bekerja atau malas jalan kaki pembuluh darahnya memiliki kebutuhan yang lebih sedikit dari orang yang bekerja atau rutin jalan kaki. Hal ini membantu menurunkan tekanan darah karena bicara sistem jantung dan paru membutuhkan namanya kordinasi gerak. Jalan sehat juga bisa melatih dan mengatur nafas seseorang sehingga tidak mudah terengah-engah.
Selamat Hari Olahraga Nasional.”Berjalan adalah suatu proses yang harus dan mampu untuk kita lakukan untuk menjaga kesehatan.”

 

Berita Lainnya

1
10/2021
30
09/2021
Pelajar dan Sejarah G30S/PKI
Author : SMK NU Tunas Bangsa
25
09/2021
22
09/2021
15
09/2021


Tinggalkan Komentar