SMK NU Tunas Bangsa Bringin
SHARE :

Remaja vs Tanggung Jawab

27
02/2021
Kategori : Wacana
Komentar : 0 komentar
Author : SMK NU Tunas Bangsa


Remaja vs Tanggung Jawab

Masa remaja adalah masa yang sangat menentukan masa depan seseorang. Benar kiranya ungkapan orang bahwa  “berusahalah di waktu muda, niscaya kau petik hasilnya di masa tua nanti”.  Jika direnungkan ada makna mendalam dari ungkapan ini. Bahwa  pada dasarnya masa remaja bukan sekedar masa  berfoya-foya  seperti anggapan sebagian orang, mumpung masih muda lakukan ini, hal itu itu tanpa memikirkan akibat yang bakal terjadi. Padahal masa remaja adalah masa melukiskan pena kehidupan yang ingin kita ciptakan di masa depan (tua). Lukisan indah atau lukisan buram kehidupan yang dipilih, manusia mempunyai kebebasan or freewill, so up o you!

Perilaku dan kebebasan hidup dimasa remaja akan menentukan masa depan yang cerah atau suram, tergantung kalian sendiri buan orang lain. Jadi sangat tidak tepat memaknai dan mengisi masa muda dengan aktivitas hedonis tanpa arti. Argumen semacam ini akan semakin mantap untuk dibenarkan, jika hal ini dirujuk pada ajaran agama. Dimana manusia diingatkan untuk menghargai waktu yang tidak dapat diputar kembali dan sangat penting artinya sampai-sampai dalam Al-Qur’an Allah bersumpah atas nama waktu ( seperti Al-Asyr dan Adh-Dhuha). Tidak ketinggalan senandung lagu Islami mengingatkan manusia untuk memperhatikan lima perkara yaitu sehat sebelum sakit, muda sebelum tua,kaya sebelum miskin, lapang sebelum sempit dan hidup sebelum mati.

Mungkin tidak cukup berhenti disini perlu diingat kembali bahwa remaja adalah aset bagi agama dan bangsa. Remaja adalah generasi penerus yang memegang tanggung jawab untuk berjuang menegakkan panji-panji agama Allah di bumi. Menyebarkan misi Islam Rahmatan Lil’alamin yang telah diajarkan Sang Revolusioner sejati Nabi Muhammad SAW.

Secara bersamaan remaja juga merupakan generasi penerus estafet perjuangan mengisi kemrdekaan negeri ini. Perjuanagn tidak aan pernah lekang dimakan zaman untuk mewujudkan masyarakat Indonesia adil dan makmur, sejahtera lahir batin dengan dijiwai nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa. Jadi di tangan remaja seperti kalian lah masa depan agama dan bangsa ini berada kedepannya. Karena itu bulatkan tekad dan kobarkan semanagt untuk mengisi masa remaja dengan aktivitas yang positif demi kejayaan agama, bangsa dn negara !

 

-Wacana oleh Sri Yuni Rachmawati, S.Pd / Waka Kurikulum SMK NU Tunas Bangsa

Berita Lainnya

3
06/2021
2
06/2021
In House Training Penyusunan E-KTSP 2021/2022
Author : SMK NU Tunas Bangsa
10
05/2021
{PENTING} Surat Persetujuan Tatap Muka
Author : SMK NU Tunas Bangsa
10
05/2021
11
04/2021
10
04/2021


Tinggalkan Komentar