SMK NU Tunas Bangsa Bringin
SHARE :

Peran IPNU/IPPNU Sebagai Garda Terdepan Nahdliyyin

24
02/2021
Kategori : Ke-NU-an / Wacana
Komentar : 0 komentar
Author : SMK NU Tunas Bangsa


Peran IPNU/IPPNU Sebagai Garda Terdepan Nahdliyyin

 

Citra Indonesia dimasa mendatang secara tidak langsung tergambar dari kualitas pelajarnya (remaja) yang ada saat ini. Pelajar sebagai generasi muda merupakan pewaris sejarah sekaligus miniatur peradaban.

Tak dapat dipungkiri, pelajarpun dituntut untuk memperkaya diri dengan kelengkapan perangkat skill dan pengetahuan ditengah fluktuasi kehidupan yang serba rumit. Remaja juga dihadapkan pada dunia yang serba cepat dan bebas. Sehingga banyak remaja yang terjebak dalam pergaulan bebas.

Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) merupakan garda terdepan kaderisasi Nahdlatul Ulama yang bertujuan membentuk kader yang berwawasan kebangsaan, keislaman, keilmuan serta berakhlakul karimah dan menjadi wadah bagi para pelajar maupun santri yang berada di naungan Nahdlatul Ulama  yang berbasis keterpelajaran, kemasyarakatan dan keagamaan yang diharapkan para aktivisnya dapat bersaing di masyarakat kelak dengan keilmuan (keintelektualan) dan semangat serta jiwa nahdiyin yang mereka miliki.

IPNU — IPPNU ini selalu aktif dan mencari solusi agar generasi muda dapat antusias mengikuti kegiatan keagamaan maupun kegiatan yang positif lainnya. Karena di jaman era globalisasi seperti sekarang ini masih banyak para remaja yang terkena pergaulan bebas akibat faktor lingkungan/teman bermainnya.

Akibatnya masih banyak para pelajar yang terlibat tawuran, narkoba dan kegiatan-kegiatan negatif lainnya. Disnilah peran IPNU –IPPNU untuk mewadahi para pelajar agar mendapat pengalaman yang lebih  dan meluangkan waktunya untuk kegiatan kegiatan yang positif yang dapat memberikan manfaat baik untuk diri nya sendiri maupun untuk masyarakat.

Peran IPNU IPPNU menjadi benteng akidah Ahlussunnah Wal Jama’ah dengan mengajak pelajar melestarikan budaya NU. IPNU IPPNU merupakan kader-kader bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai Islam tanpa kekerasan, karena banyak gerakan-gerakan atau organisasi yang bersifat radikal yang mengatasnamakan Islam dan menjadikan generasi muda sebagai target utama.

Oleh karena itu, perlu perisai untuk  membentengi generasi muda dari ancaman gerakan-gerakan radikalisme dan sebagai penerus perjuangan para ulama  NU.

Sri Yuni Rachmawati, S.Pd. Waka Kurikulum SMK NU Tunas Bangsa, Ketua PC-IPPNU Kab Semarang 2009

Berita Lainnya

25
09/2021
22
09/2021
15
09/2021
14
09/2021
PELAJAR INDONESIA MAKIN CAKAP DIGITAL
Author : SMK NU Tunas Bangsa
13
09/2021
KENAPA SISWA SMK PERLU PRAKERIN/MAGANG?
Author : SMK NU Tunas Bangsa


Tinggalkan Komentar