SMK NU Tunas Bangsa Bringin
SHARE :

Pentingnya Uji Kompetensi Keahlian Bagi Siswa SMK

16
02/2021
Kategori : Wacana
Komentar : 0 komentar
Author : SMK NU Tunas Bangsa


Pentingnya Uji Kompetensi Keahlian Bagi Siswa SMK

Uji kompetensi keahlian (UKK) adalah bagian intervensi pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan sekolah menengah kejuruan (SMK). Berdasarakan panduan pelaksanaan UKK (2018), UKK ialah penilaian akhir dalam rangka menentukan capaian kompetensi siswa khususnya SMK. Menurut panduan tersebut.UKK ini dapat membantu siswa dalam mencapai indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan.

Wheeler Patricia dan Geneva Haertel (Sunaryo, 2013: 24) mengemukakan kompetensi sebagai suatu bidang yang mencakup pengetahuan, keterampilan, kemampuan, kepribadian, pengalaman, serta karakteristik yang berguna untuk hasil akhir dalam belajar atau pekerjaan. Pernyataan lain disampaikan oleh Dijkstra (dalam Sunaryo, 2013: 29) yang mengungkapkan bahwa kompetensi menyangkut tiga hal yaitu pengetahuan, keterampilan, dan motivasi, yang memang diperlukan seseorang untuk memenuhi keperluan posisinya, peran, dan aktivitasnya. Penting bagi siswa dari pendidikan kejuruan untuk mengikuti UKK, karena hal ini dapat memastikan bahwa pengembangan dan penggunaan prosedur penilaian valid dan andal untuk mengukur kompetensi yang dimiliki siswa. Hal yang sama diungkapkan oleh Mammi, H dan Ithnin (2012) bahwa UKK merupakan pendekatan fungsional yang merujuk pada tujuan pendidikan, khususnya dalam hal pengetahuan, keterampilan, dan sikap, yang dapat terukur. Oleh karena itu, UKK sering kali disebut-sebut sebagai salah satu syarat kelulusan yang harus dilalui oleh siswa pada pendidikan kejuruan selain ujian nasional (UN).

Tujuan UKK adalah untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK. Adapun tujuan dari UKK berdasarkan pada Pedoman UKK yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan SMK (2018/2019) adalah:

  1. Mengukur pencapaian kompetensi siswa khususnya SMK yang telah menyelesaikan proses pembelajaran sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh.
  2. Memfasilitasi siswa SMK yang akan menyelesaikan pendidikannya untuk kelulusan dari satuan pendidika
  3. Mengoptimalkan pelaksanaan sertifikasi kompetensi yang berorientasi pada capaian kompetensi lulusan SMK sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia atau okupasi atau klaster atau paspor keterampi
  4. Memfasilitasi kerjasama SMK dengan dunia usaha/industri dalam rangka pelaksanaan Uji Kompetensi sesuai kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DU/DI).

 

Berdasarkan uraian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwasannya UUK merupakan bagian penting pada pencapaian akhir siswa pada bidang kejuruan. Hal tersebut dikatakan penting karena UKK dapat :

  1. dijadikan tolak ukur pada indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan
  2. menilai siswa seuai dengan bidang keahlian yang dimilikinya,
  3. sebagai bekal untuk jenjang pendidikan berikutnya,
  4. sebagai informasi stakeholder untuk mengetahui kemampuan calon pekerjanya.

Berita Lainnya

3
06/2021
2
06/2021
In House Training Penyusunan E-KTSP 2021/2022
Author : SMK NU Tunas Bangsa
10
05/2021
{PENTING} Surat Persetujuan Tatap Muka
Author : SMK NU Tunas Bangsa
10
05/2021
11
04/2021
10
04/2021


Tinggalkan Komentar