SMK NU Tunas Bangsa Bringin
SHARE :

Olahraga yang Ideal

17
02/2021
Kategori : Kesehatan
Komentar : 0 komentar
Author : SMK NU Tunas Bangsa


Olahraga yang Ideal

Olahraga adalah kebutuhan hidup yang ironisnya kurang dipedulikan oleh banyak orang. Padahal olahraga memberikan manfaat besar terhadap kebugaran dan kesehatan tubuh yaitu memperbaiki fungsi otot jantung, memperbaiki tekanan darah, memperbaiki profil lipid dan sensitivitas insulin serta mengurangi bobot badan dan mengontrol glukosa (WHO, Prevention of Cardiovascular Disease, 2007). Jika dilakukan secara rutin, manfaat olahraga pun akan terasa semakin optimal untuk tubuh. Namun, harus serutin apa? harus berapa kali olahraga dalam seminggu?
Idealnya, berapa kali olahraga dalam seminggu?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam buku panduannya mengenai Global Recommendations on Physical Activity for Health menganjurkan orang usia dewasa yang sehat untuk melakukan olahraga minimal 150 menit per minggu. Dengan minimal 150 menit saja Anda olahraga per minggu, ini akan sangat bermanfaat bagi kebugaran dan kesehatan.
Agar tidak terasa berat, kita dapat membagi-bagi waktunya. Contohnya, kita bisa melakukan olahraga 5 kali dalam seminggu.

Berapa lama durasi olahraga yang ideal dalam sehari?

Jika kita membagi waktu olahraga 5 kali dalam seminggu, kita hanya memerlukan waktu 30 menit untuk olahraga per harinya. Meskipun sebentar, tetapi olahraga ini akan lebih efektif daripada kita melakukan langsung 150 menit olahraga dalam sehari. Terlalu lama olahraga juga tidak baik bagi tubuh. Olahraga terlalu lama membuat tubuh kita justru sangat lelah berkepanjangan atau mengalami cidera.

Olahraga apa saja yang bisa dilakukan?

Olahraga apa saja bisa kita lakukan, yang penting selipkan selalu olahraga aerobik di setiap jadwal olahraga kita menurut anjuran WHO. Olahraga aerobik dapat dilakukan minimal 10 menit.
Olahraga aerobik atau kardio ini contohnya seperti menggunakan treadmill, berlari, berenang, zumba, atau senam aerobik. Olahraga aerobik ini yang akan membantu meningkatkan fungsi jantung dan membuat aliran darah semakin lancar.
Selanjutnya, kita bisa melanjutkan dengan jenis olahraga yang ingin kita lakukan, baik di rumah, di gym, atau di kantor.

Lalu, harus seberapa berat apa olahraganya agar manfaatnya maksimal?

Selain rutinitas yang dibutuhkan untuk mendapatkan manfaat olahraga, kita juga perlu memerhatikan seberapa berat aktivitas yang harus dilakukan dalam satu kali olahraga itu.
WHO menganjurkan untuk melakukan olahraga 150 menit per minggu dengan intensitas sedang dalam seminggu. Apa artinya intensitas sedang?
Intensitas sedang ini maksudnya lakukanlah aktivitas fisik yang bisa membuat suhu tubuh menjadi lebih panas, bernapas lebih berat, detak jantung berdebar lebih kencang daripada sebelumnya, tapi kita tetap bisa melakukannya sambil berbicara atau mengobrol dengan teman saat olahraga.
Jika kita melakukan gerakan olahraga hingga kondisi ini, maka artinya kita sudah mencapai intensitas sedang yang dianjurkan oleh WHO. Lanjutkan gerakan olahraga ini sepanjang waktu olahraga kita secara konstan.
WHO juga menganjurkan pilihan lain, kita dapat melakukan olahraga dengan intensitas berat dalam waktu yang lebih singkat, yakni 75 menit seminggu.
Bedanya intensitas berat dan sedang adalah jika Anda melakukan olahraga dengan intensitas berat maka kita akan merasakan lebih ngos-ngosan hingga tidak bisa bicara saat sedang melakukan olahraga tersebut. Detak jantung pun berdetak lebih cepat dibandingkan dengan olahraga intensitas sedang.
Bagi yang sudah terbiasa olahraga mungkin akan mudah untuk melakukan olahraga secara konstan dengan intensitas berat. Namun, jika masih pemula atau belum kuat, dapat menjalankan olahraga dengan intensitas yang sedang dahulu. Semakin cepat gerakan , maka akan semakin tinggi intensitas yang dirasakan.

Apakah anda sudah rutin berolahraga? Jika belum segeralah memulainya. Segera. Karena kesehatan adalah investasi masa depan. Salam sehat dan semangat.

Berita Lainnya

3
06/2021
2
06/2021
In House Training Penyusunan E-KTSP 2021/2022
Author : SMK NU Tunas Bangsa
10
05/2021
{PENTING} Surat Persetujuan Tatap Muka
Author : SMK NU Tunas Bangsa
10
05/2021
11
04/2021
10
04/2021


Tinggalkan Komentar