SMK NU Tunas Bangsa Bringin
SHARE :

Mengenal Apa Itu Auto Body Repair

16
02/2021
Kategori : Gurupedia / Otomotif
Komentar : 0 komentar
Author : SMK NU Tunas Bangsa


Mengenal Apa Itu Auto Body Repair

Kerusakan pada body mobil bisa terjadi seiring berjalannya waktu dan usia pemakaian. Ada beberapa hal yang dapat mengakibatkan kerusakan ini, salah satunya adalah senggolan kecil di jalan yang kemudian mengakibatkan goresan di body mobil. Dalam kondisi yang seperti ini, mobil membutuhkan body repair dan pengecatan ulang.

Namun sebelum  memutuskan pergi ke bengkel body repair dan cat mobil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Seperti pemilihan bengkel, kualitas pekerjaan sampai dengan harga yang ditawarkan. Jangan sampai terjebak pada bengkel dengan harga mahal namun kualitas pekerjaan ala kadarnya.

 

Apa itu Body Repair?

Body repair adalah perbaikan pada body mobil   akibat tabrakan atau pemakaian sehari hari yang meliputi perbaikan atau penggantian panel dengan menggunakan metode tertentu. Pada umumnya untuk melakukan perbaikan ringan dan sedang, bengkel akan melakukan metode washer welder, palu on-off dolly dan shinking. Sedangkan perbaikan berat seperti penyambungan atau penggantian panel, bengkel biasanya akan melakukan metode CO2 mig / mag welding. Ada 3 tahapan utama yang dilakukan saat berada di bengkel body repair, yaitu:

Tahap pertama, bengkel akan melakukan identifikasi panel yang mengalami kerusakan.

Tahap kedua, panel yang mengalami kerusakan akan dilakukan perbaikan, terdiri dari pembersihan/pengamplasan, pendempulan sampai pengecatan ulang.

Tahap ketiga, panel yang sudah dilakukan perbaikan akan di finishing dengan melakukan pemolesan menyeluruh supaya mengkilap.

 

Fungsi Body Repair

Fungsi utama dari body repair adalah melakukan perbaikan terhadap mobil  yang mengalami permasalahan dan kerusakan. Selain itu body repair juga akan mengembalikan warna mobil  akibat lecet ataupun tabrakan yang berakibat pada hilangnya warna asli mobil. Dari tahapan pengerjaan saat berada di bengkel body repair, hasil finishingnya sangat memuaskan dengan kembalinya kilap mobil  dengan berbagai perlindungan seperti anti karat dan anti jamur.

Hasil finishing yang memuaskan ini berasal dari 4 lapisan cat yang digunakan saat body repair. Lapisan pertama adalah lapisan primer yang mencegah karat besi mobil, lalu surfacer sebagai pencegahan defect absorb. Lapisan diatasnya adalah base coat sebagai warna utama dari mobil dan terakhir adalah clear coat untuk mencegah cat mobil menjadi pudar. Selain itu clear coat juga berfungsi untuk mengilapkan cat mobil.

 

Langkah memilih Bengkel Body Repair yang terbaik

Untuk mengerjakan body repair, sebaiknya jangan asal pilih terlebih hanya karena harganya yang murah saja. Karena akan berdampak langsung body ataupun cat mobil yang tidak rapi. Yang paling sering terjadi adalah hasil finishing panel yang dikerjakan tampak berbeda dengan panel yang lain, sehingga warna mobil akan tampak menjadi belang.

Ada cukup banyak bengkel body repair, baik yang membuka bengkel sendiri atau jasa pengecatan di pinggir jalan dengan harga yang bervariasi. Tidak jarang hasil yang diberikan juga cukup baik, mengingat tidak sedikit perusahaan asuransi yang bekerjasama dengan bengkel body repair seperti ini untuk menekan biaya perbaikan namun dengan hasil pengerjaan yang cukup baik.

Yang harus diperhatikan adalah bagaimana riwayat bengkel tersebut selama berdiri, pengalaman dan bagaimana teknik pengecatan yang dimiliki bengkel tersebut. Salah satu indikasi bengkel tersebut memiliki kualitas yang baik adalah memiliki banyak pelanggan tetap dan banyak dijadikan referensi para pengguna mobil. Jadi banyak banyak mencari informasi mengenai bengkel yang akan dituju.

Berita Lainnya

25
09/2021
22
09/2021
15
09/2021
14
09/2021
PELAJAR INDONESIA MAKIN CAKAP DIGITAL
Author : SMK NU Tunas Bangsa
13
09/2021
KENAPA SISWA SMK PERLU PRAKERIN/MAGANG?
Author : SMK NU Tunas Bangsa


Tinggalkan Komentar