SMK NU Tunas Bangsa Bringin
SHARE :

Mempersiapkan Pendakian Gunung

22
10/2021
Kategori : Extrakurikuler
Komentar : 0 komentar
Author : SMK NU Tunas Bangsa


Mempersiapkan Pendakian Gunung

Mendengar kata pendakian gunung terdengar menyenangkan namun penuh tantangan. Akhir-akhir ini mendaki gunung menjadi hobby baru kaum milenial karena pemandangan alam ketika sampai di puncak sebuah gunung sangat menakjubkan dan istimewa yang tidak bisa didapatkan di dataran rendah. Sajian pemandangan alam yang sangat membuat rindu bagi para pendaki sehingga akan tertantang untuk mendaki gunung yang lain lagi karena di Indonesia terutama Pula Jawa terdapat banyak gunung yang bisa didaki dan memiliki keunikan sendiri-sendiri.

Namun sebagai tempat bertualang gunung tentu memiliki karakteristik & tingkat kesulitan yg bermacam-macam. Agar pendakian berjalan dengan lancar dan selamat kita tentu perlu punya beberapa kemampuan / skill agar tetap aman,selamat dalam kondisi apapun. Berikut tips skill yang harus kita kuasai saat mendaki gunung :

1. Managemen Pendakian
Kemampuan managemen pendakian yg baik adalah kunci utama seorang pendaki dalam ekspedisi / petualangannya menyusuri gunung, Managemen pendakian meliputi managemen perlengkapan, waktu, logistic, dan team.

2. Navigasi
Kemampuan navigasi diri sangat diperlukan saat berada di alam bebas. Kita setidaknya tahu bagaimana cara membaca peta & menggunakan kompas. Membawa kompas saat bertualang merupakan hal yg cukup tepat karena dapat membantu kita mencari arah. Peta & kompas serta kemampuan navigasi darat merupakan “tiket” ke tempat manapun di alam bebas.

3. Membuat api
Berlatih membuat api di alam bebas sebaik mungkin, agar saat keadaan buruk datang, kita tetap bisa menyalakan api darurat untuk memasak & menghangatkan tubuh.

4. Memilih pakaian yang tepat
Memakai pakaian yg salah dapat membahayakan keselamatan diri kita sendiri saat melakukan pendakian. Pakaian dengan bahan yg tembus angin & air, serta sulit untuk kering bisa jadi penyebab terkena hipotermia. Maka dari itu, bijaklah dalam memilih pakaian sesuai dengan kebutuhan di gunung.

5. Membuat shelter
Saat kita terjebak karena kondisi cuaca buruk yang terjadi, kemampuan untuk membuat shelter darurat akan sangat menolong. Shelter yg bisa kita buat seperti : bivak alam, bivak buatan dari ponco, terpal, flysheet, atau jika keadaan memungkinkan dirikan hammock.

6. Membuat sinyal bantuan
Jika terjadi halangan di tengah jalan, maka kita perlu memiliki kemampuan untuk memberikan sinyal kepada regu penolong, sehingga dapat memberitahukan titik posisi kita berada. Seperti memberi tanda melalui sinyal SOS, peluit, asap atau cahaya senter, dll.

Nah itu kemampuan yg harus kita kuasai agar pendakian kita berjalan aman. Gimana, sudah menguasai??

Bukan hanya kemampuan, alat-alat juga perlu dipersiapkan dengan baik. Nah untuk alat-alat apa saja yang perlu dipersiapkan kita bahas dalam artikel berikutnya.

Oleh : Nafiatin Nazilah,S.Pt

Source @cozmeeder

Berita Lainnya

22
10/2021
Mempersiapkan Pendakian Gunung
Author : SMK NU Tunas Bangsa
22
10/2021
1
10/2021
30
09/2021
Pelajar dan Sejarah G30S/PKI
Author : SMK NU Tunas Bangsa


Tinggalkan Komentar