SMK NU Tunas Bangsa Bringin
SHARE :

Masih Relevankah Mata Pelajaran Sekolah Di Tengah Keajaiban Mbah Google!  

16
07/2021
Kategori : Wacana
Komentar : 0 komentar
Author : SMK NU Tunas Bangsa


Masih Relevankah Mata Pelajaran Sekolah Di Tengah Keajaiban Mbah Google!   

Gen-z, yang lahir antara 1998 sampai dengan 2010, apakah masih bisa jinak dan tekun membuka buku. Sepertinya mereka lebih nyaman berselancar di belantara mesin pencari online. Selamat tinggal buku atau mereka pun tetap bisa menggali ilmu pengetahuan sebagaimana generasi X (1965-1980) yang masih kental menjinjing buku perpustakaan, telaten menyalin di buku tulis, bahkan menghafal aneka mata pelajaran di sekolah demi menguasai ujian di kemudian hari?

Dulu sekali, ketika Google masih asing di sekitar kita, bahkan masa kecil saya tidak ada Google, belajar aneka mata pelajaran di sekolah itu kebutuhan.

Kini pelajaran di sekolah yang masih banyak mengkaji pelajaran persis masa kecil saya, sudah disalip oleh aneka informasi akademik, informasi ilmiah, informasi apa saja di Google maupun aplikasi lainnya.

Pendidik dari kalangan milenial dan Gen X mengajar peserta didik (yang saat ini golongan Gen Z) tak lagi bersifat mentransfer ilmu pengetahuan, tapi sebagai fasilitator. Pendidik/ guru/ tutor adalah teman belajar yang dihormati para Gen Z sebagai pemantik motivasi menjadi pribadi yang selalu ingin tahu.

 

Saat menerima tugas suatu mata pelajaran, para Gen Z tak lagi membuka catatan dari gurunya tapi sudah berselancar di dunia maya melalui Google dan aneka macam aplikasi yang ada dan bisa dijangkau mereka.

Catatan, buku diktat, dan tugas dari guru hanyalah hal kecil dari luasnya wawasan yang digali Gen Z itu sendiri akibat rasa keinginantahunannya sehingga mereka mencari sendiri melalui aplikasi digital.

Masihkah hari ini, begitu saja materi pelajaran di sekolah yang tema besarnya sama persis dengan masa kecil saya? Ada IPS, IPA, Matematika, Kewarganegaraan, dkk.

Saya berpikir hal yang mendesak diberikan kepada peserta didik adalah ilmu pengetahuan dan ketrampilan menguasai teknologi dan mengendalikan dampak teknologi. Para Gen Z sudah lebih banyak tahu perihal wawasan pengetahuan yang bersinggungan dengan pelajaran di sekolah. Buktinya, baru-baru ini ada fenomena aphelion, Gen Z lebih tahu dulu sebelum sekolah mengajarkan. Belum lagi kehebatannya dalam mencari ilmu baru dengan cepat tentang penguasaan teknologi.

Berbagai informasi yang masuk dan dicari para Gen Z saat ini sepertinya perlu didampingi pengetahuan agama. Ilmu pengetahuan agama selain mengajarkan tentang keimanan juga mengajarkan etika. Etika berhadapan dengan Gusti Allah, etika memperlakukan diri sendiri, dan etika berinteraksi dengan sesama dan alam semesta.

Dengan memahami etika, para Gen Z yang saat ini sibuk belajar dan bersemangat berselancar di dunia maya bisa mengontrol diri sendiri.

O iya, mengajarkan agama tentunya tidak tepat kalau Gen Z cukup belajar di dunia maya, apalagi gurunya tidak jelas sanad keilmuannya. Akibat sanad yang tidak jelas, marak terjadi pemahaman dalam beragama yang akibatnya anak menjadi tidak hormat kepada orang tua dan sesama pemeluk agama tidak rukun.

Selain ilmu agama, Gen Z hendaknya dibekali keterampilan hidup agar mandiri sejak belia. Kesibukan mengasah soft skill dan hard skill ini agar pengetahuan Gen Z yang mereka peroleh dari dunia maya bermanfaat dengan tepat.

Kegiatan berselancar di dunia maya seharusnya memberi pengalaman belajar yang memiliki ketepatan manfaat yang kekinian. Tidak menunggu kelak kalau sudah menjadi apa dan menjabat apa.

Lagi pula belajar sambil mengamalkan ilmu pengetahuan saat ini lebih efektif dan efisien, tidak akan terjadi mengganggu waktu belajar atau perkembangan belajarnya. Sekali lagi mereka mengasah soft skill dan hardskill dalam frame sedang melaksanakan sekolah. Artinya dalam perencanaan, proses, dan evaluasi dari pendidik/ guru/ tutornya.

 

 

“Selamat menyambut Tahun Pelajaran 2021-2022”

 

Astatik Bestari-Pimpinan PKBM Bestari Jombang.

 

 

Berita Lainnya

14
07/2021
KEGIATAN MPLS SMK NU TUNAS BANGSA
Author : SMK NU Tunas Bangsa
11
07/2021
JADWAL MPLS 2021
Author : SMK NU Tunas Bangsa
3
06/2021
2
06/2021
In House Training Penyusunan E-KTSP 2021/2022
Author : SMK NU Tunas Bangsa
10
05/2021
{PENTING} Surat Persetujuan Tatap Muka
Author : SMK NU Tunas Bangsa


Tinggalkan Komentar