SMK NU Tunas Bangsa Bringin
SHARE :

Ketahui 13 Dampak Kenakalan Remaja Menurut Polri

17
03/2021
Kategori : Sekolah
Komentar : 0 komentar
Author : SMK NU Tunas Bangsa


Ketahui 13 Dampak Kenakalan Remaja Menurut Polri

 

Remaja merupakan seorang anak yang memang masih berada pada usia tanggung, pada usia ini, biasanya akan ada hal-hal yang membuat remaja menjadi seorang belum bisa mengetahui secara betul mengenai hal baik dan juga buruk. Hal tersebut juga terjadi karena adanya pengaruh dari luar seperti pengaruh lingkungan dimana remaja tersebut berada. Untuk itu peran orang tua dan lingkungan masyarakat dalam pembinaan anak remaja perlu dilakukan.

Remaja sudah tidak bisa dibilang anak-anak lagi, namun belum juga bisa kita katakan sebagai orang dewas. Sehingga pada usia tanggung seperti ini memang sangat membutuhkan perhatian yang ekstra dari orang tua, guru dan lingkungannya. Karena apabila tidak dijaga dengan baik, bukan tidak mungkin akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti salah satunya adalah kenakalan remaja.

Apabila yang namanya kenakalan remaja sudah dilakukan apalagi jika dampak negatif dari hal tersebut sudah mengarah pada sesuatu yang berbau kriminal, sehingga kemungkinan terburuknya para remaja ini bisa saja berurusan dengan hal yang berbau hukum dan kepolisian serta hal yang lebih paling parahnya bisa sampai terkena hukuman penjara, sehingga hal tersebut tentunya akan menghancurkan masa depan dari remaja tersebut.

Pentingnya mengamalkan pendidikan agama dan budi pekerti merupakan hal yang bisa dijadikan sebagai pondasi dan cara mengatasi kenakalan remaja yang efektif. Sehingga para remaja ini bisa terhindar dari yang namanya kenakalan remaja. Karena jika sudah terjadi yang namanya kenakalan remaja akan sulit untuk diperbaiki lagi. Namun Polisi Republik Indonesia (Polri) sudah memberikan pengarahan akan dampak kenakalan remaja. Tentunya sebelum Polri bertindak lebih jauh terhadap kenakalan remaja, diberikan pengarahan terlebih dahulu akan dampak negatifnya antara lain adalah 13 hal berikut ini:

  1. Berimbas pada diri sendiri

Seperti kita ketahui saat seorang remaja terkena yang namanya kenakalan remaja, tentunya orang tersebut juga bisa berimbas pada anak itu sendiri, dnegan kata lain jika memang tidak dilakukan pengarahan yang tepat maka akan berimbas pada remaja tersebut, sehingga pada akhirnya anak tersebut akan tumbuh menjadi seorang pribadi yang sangat buruk.

  1. Dikucilkan oleh lingkungan

Anak-anak remaja yang sering melakukan kenakalan remaja tentunya akan berimbas pada idirnya yang akan dikucilkan oleh beberapa orang, malah pada akhirnya anak tersebut pun akan dianggap sebagai sampah masyarakat yang disebut sebagai seorang penganggu yang tidak berguna.

  1. Menanggung rasa malu

Tidak sedikit yang pada akhirnya harus menanggung malu pada kenakalan anak-anak tersebut, sehingga menyebakan keluarga harus menganggung rasa tidak nyaman hidup pada sebuah lingkungan social, karena tidak sedikit juga remaja yang melakukan kenakalan tersebut malah tidak emngerti dn merasa acuh atas rasa malu yang terjadi pada keluarganya.

Sehingga malah akan berdampak pada keluarganya yang harus menganggu rasa sedih secara berlarut-larut. Dna biasanya anak tersebut juga tidak akan bisa paham mengenai kesedihan dan beban yang tengah dirasakan oleh keluarganya.

  1. Memiliki masa depan yang suram

Dampak nengatif yang yang terjadi pada kenakalan remaja ini memang sangat membuat setiap keluarga sedih, salah satunya adalah masa depan yang suram, contohnya saja pada beberapa remaja yang melakukan pergaulan bebas, tentunya sudah bisa dipastikan akan memiliki masa depan yang suram dan akan menghancurkan dirinya sendiri, dan secara perlahan hidup anak tersebut pun akan hancur dan tidak memiliki masa depan serta tujuan seperti layaknya anak remaja lain.

  1. Kriminalitas

Kriminalitas merupakan salah satu efek atau dampak yang akan terjadi pada anak remaja. Dengan kenakalan yang dilakukan oleh anak tersebut tentunya bukan hal yang tidak mungkin malah akan melakukan hal-hal yang dilarang seperti sesuatu yang sudah mengearah kepada sesuatu yang sifatnya criminal.

Misalnya saja seperti perbuatan mencuri atau merampok, yang tentunya bisa menjerumuskan mereka pada paying hukum yang membuatnya dipenjara, sehingga masa depannya pun akan terganggu dan suram.

  1. Pergaulan bebas

Pergaulan bebas juga merupakan hal negative dari kelakukan remaja yang tidak bertanggung jawab, imbasnya pun akan terjadi pada diri mereka sendiri, dan keluarga remaja tersbeut. Untuk itu cara mengatasi kenakalan remaja menurut psikologi diperlukan peran serta orang tua agar bisa menjaga anak dari situasi yang membuat anak tersebut terjerumus pada pegaulan bebas.

Orang tua juga memiliki peran penting agar bisa mengawasi anak-anak untuk melarang anak-anak tersebut melakukan hal- hal buruk.

  1. Merusak ketentraman masyarakat

Efek negative lainnya dari kenakalan remaja ini adalah terjadinya kerusakan dna juga ketentraman dari masyarakat, mislanya saja anak-anak yang sellau meresahkan di tempat umum dnegan memalak, mencuri atau bahkan melakukan perampokan, sehingga masyarakat pun akan sangat terganggu dengan kelakuan anak-anak remaja tersebut.

  1. Dapat menganggu ketertiban

Efek negatife lainnya yaitu bisa saja menagnggu ketertiban umum, misalnya saja pada anak-anak remaja yang melakukan kegiatan premanisme di jalanan atau sekitar masyarakat, tentunya hal tersebut selain sangat meresahkan akan snagat menganggu ketertiban umum.

  1. Mempengaruhi dan juga menganggu orang lain.

Efek atau dmapak lainnya yang bisa terjadi adalah dengan menganggu orang lai serta mempengaruhi anak remaja lainnya, hal ini juga akan snagat meresahkan masyarakat tentunya, apalagi jika ank tersbeut bisa mempenagruhi anak-anak remaja lain yang tadinya tidak melakukan hal tidak baik tersebut.

  1. Merusak bangunan milik umum.

Merusak bangunan milik umum juga merupakan efek negative dari kenakaln remaja yang umumnya seringkali terjadi. Remaja yang tidak bertanggung jawab ini umumnya akan melakukan hal-hal yang tidak aik seperti merusak banguann milik umum, mencoret-coret fasilitas umum  dan lain sebagaimanya.

  1. Menggunakan obat-obatan terlarang

Hal-hal negative dalam kenakalan remaja merupakan hal yang harus dihindari, karena bisa berimabas dan memberikan dampak buruk bagi anak remaja, salah satunya adalah penggunaan obat-obat terlarang, hal buruk ini memang sangat relative mudah dilakukan apalagi jika anak-anak tersebut sangat mudah dipengaruhi oleh berbagai hal negative, sehingga aka nada keluarga yang sangat merasa malu nantinya.

  1. Merasa redah diri

Rasa rendah diri bisa saja terjadi dari efek kenakalan remaja, biasanya hal ini terjadi pada anaka-anak yang tekena bullying saat masih dis ekolah, hal tersebut tentu akan sangat berpengaruh pada psikologis anak yang tekena bullying akibat dari kenakalan remaja, bahkan ada juga diantaranya yang merasa depresi dan juga tidak percaya diri, sehingga akan snagat menjatuhkan mental anak tersebut. untuk itu memang diperlukan pengarahan yang tepat dari orang tua dan juga lingkungannya

  1. Melakukan pemberontakan

Pemberontakan ini juga sering terjadi pada anak-anak yang seringkali melakukan kenakalan remaha, akibatnya akan terjadi sulit rasa sulit menghormati kepada orang yang lebih tua, berbicara kasar dan juga kotor, dan sampai pada akhirnya akan mengabaikan hal-hal baik yang dinasihati oleh orang sekitarnya. sehingga perlu menjaga peran dalam perkembangan emosi remaja.

Itulah 13 dampak daripada kenakalan remaja. Sebagai calon generasi muda, remaja sepatutnya menjaga diri dengan memilih pergaulan yang baik dan membentengi diri dengan mengamalkan Pendidikan agama dan budi pekerti agar dapat terhindar dari 13 dampak buruk akan kenakalan remaja seperti diuraikan di atas.

 

Sumber: tribratanews.kepri.polri.go.id/

Berita Lainnya

25
09/2021
22
09/2021
15
09/2021
14
09/2021
PELAJAR INDONESIA MAKIN CAKAP DIGITAL
Author : SMK NU Tunas Bangsa
13
09/2021
KENAPA SISWA SMK PERLU PRAKERIN/MAGANG?
Author : SMK NU Tunas Bangsa


Tinggalkan Komentar