SMK NU Tunas Bangsa Bringin
SHARE :

BELAJAR DARI CRISTIANO RONALDO DALAM MERAIH KESUKSESAN

15
09/2021
Kategori : Wacana
Komentar : 0 komentar
Author : SMK NU Tunas Bangsa


BELAJAR DARI CRISTIANO RONALDO DALAM MERAIH KESUKSESAN

Kesuksesan merupakan impian semua orang. Tidak ada orang hidup yang tidak ingin berhasil dan sukses. Namun ternyata, tidak semua orang yang ingin sukses mau sungguh-sungguh berusaha untuk meraih kesuksesan yang didambakan.Sebenarnya, hal tersebut yang memberikan perbedaan antara orang gagal dan orang sukses. Jika ingin menjadi salah satu orang sukses maka kejarlah kesuksesan tersebut dengan usaha keras.

Belajar merupakan salah satu usaha yang harus dilakukan untuk meraih kesuksesan. Terutama jika ingin mendapatkan kesuksesan dalam bidang atau pekerjaan tertentu. Pasalnya, kesuksesan tersebut harus didukung dengan kemampuan atau skill yang memadai. Jika ingin menjadi orang dengan pribadi yang sukses maka pendidikan dan belajar harus dijadikan prioritas utama. Jangan terlalu banyak menikmati hiburan yang tidak membawa manfaat untuk meraih impian.

Kesuksesan butuh belajar, memahami segala pembelajaran penting, meningkatkan pengalaman, serta memiliki dedikasi dan komitmen yang kuat.Hal tersebut dibuktikan dengan kebiasaan orang sukses di dunia seperti Cristiano Ronaldo yang tidak lepas dari pembelajaran karena kesuksesan memang tidak datang dengan sendirinya. Saat masih muda, etos kerja Ronaldo tidak tertandingi seperti yang diungkap mantan rekan setimnya Christopher Pilar dalam buku biografi Cristiano Ronaldo “ The Obession For Perfection”, Ronaldo berbeda karena dia bekerja sangat keras, bukan di sesi latihan tetapi setelahnya. Dia menambah latihan setidaknya setengah jam di area yang selama ini kurang dikuasai.

Cara berlatih Ronaldo memotivasi rekan satu tim, mengoreksi mereka, keinginan menang dan memberi kesan, jauh di atas rata-rata.Ketika teman-temannya semua ingin bermain dan menyenangkan orang tua. Tetapi tidak bagi Ronaldo – impiannya tidak berhenti di situ, dia ingin membuat semua orang yang melihatnya merasa senang.

Selain berjaya di lapangan, Pemain yang baru saja kembali bergabung dengan tim Manchester United  itu juga memiliki karier cemerlang di dunia keartisan. Ia sering didapuk menjadi brand ambassador produk ternama dunia. Saat ini, Ronaldo bahkan tercatat sebagai atlet dengan penghasilan terbanyak di Instagram. Namun, menjadi pesepak bola paling populer di dunia tak membuat Ronaldo besar kepala. Rahasia kesuksesan Cristiano Ronaldo  yang dibeberkannya  yaitu :

1. Pantang Menyerah

Ronaldo memahami sepak bola itu soal angka, gelar, dan catatan. Oleh sebab itu, ia bukan hanya fokus dalam mengasah skillnya. Dia sosok yang pantang menyerah.

Ronaldo juga memastikan dan mewajibkan dirinya mencetak gol untuk memenangkan berbagai penghargaan dan gelar.

“Sejak 19 tahun, saya mengerti bahwa dalam sepak bola, itu angka, gelar, catatan, bukan hanya penampilan di lapangan atau dribbling. Jika Anda ingin memenangkan sesuatu, Anda harus mencetak gol.”

2. Belajar dari yang Terbaik

Bukan hanya soal visi, Ronaldo juga merasa kesuksesannya ini tak lepas dari kesunggguhannya dalam belajar. Bintang Portugal itu kerap mengambil kesempatan belajar hal baru dari seniornya di Manchester United kala itu, yakni Ryan Giggs, Paul Scholes, dan Rio Ferdinand.

“Jika anda adalah orang cerdas maka Anda akan bisa mengambil pelajaran dari yang terbaik. Itulah yang saya lakukan di Manchester United, say belajar dari Giggs, Scholes, Ferdinand. Jika Anda tidak belajar dari orang-orang ini, itu karena Anda bodoh,” ujar Ronaldo.

3. Bersantai tapi Tetap Bertanggung Jawab

Setiap pertandingan yang dijalani tentu menguras tenaga dan pikiran Cristiano Ronaldo. Striker berusia 34 tahun itu memutuskan bersantai setelah menjalani pertandingan panjang dan melelahkan.

Meski demikian, ia mengaku tetap bertanggung jawab atas jadwal kesehariannya.

“Setelah pertandingan usai, saya akan bersantai. Saya pergi makan malam. Saya pulang jam 4 pagi untuk memanjakan diri dan saya bangun jam 10 pagi. Kemudian pergi ke gym jam 11. Jika Anda tidak memiliki disipilin ini, Anda akan tetap jadi junior selama 15 tahun,” kata Ronaldo.

4. Gaya Hidup yang Sehat

Sebagus apa pun performa pesepak bola dunia, skill tak akan berguna tanpa didukung tubuh yang bugar. Ronaldo menyarankan agar pemain muda mulai menerapkan hidup sehat sejak dini.

“Gaya hidup juga harus dijaga, nutrisi, waktu tidur yang cukup dan latihan yang sesuai. Memang 70 persen hidup pesepak bola adalah untuk sepak bola namun Anda harus pintar bertahan,” kata Ronaldo.

“Lihatlah para pemain muda! Di usia 25, berapa banyak dari mereka yang memiliki potensi luar biasa, terjatuh berulang kali. Apakah Anda pikir itu kebetulan? Mereka mengatakan itu semua nasib buruk. Padahal, mereka punya kesempatan untuk tidak memiliki nasib itu,” tambahnya.

Dari rahasia kesuksesan Cristiano Ronaldo kita bisa belajar bahwa kita harus konsisten jangka panjang, siap bertahan dan berkomitmen untuk terus mencapai tujuan yang dicita-citakan yaitu menjadi pribadi yang sukses. Kegagalan dan penolakan yang terjadi berulang kali tidak menyurutkan motivasi untuk menjadi pribadi yang sukses. Hal tersebut malah bisa menjadi sarana perkembangan diri karena terus menghadapi kendala dan masalah.

Jika ingin menjadi pribadi yang sukses maka konsistensi jangka panjang tersebut harus dimiliki. Dan biasanya mereka yang memiliki komitmen yang kuatlah yang akan mendapatkan tujuan besar yang diinginkan.

Jatuh bangun dalam menjadi pribadi yang sukses merupakan hal biasa. Kalian pasti akan mengalaminya sebagai salah satu proses pembelajaran. Untuk menjadi seorang pemenang dengan kepribadian yang sukses, kalian harus terus bangkit dan melanjutkan perjuangan meskipun berulang kali terjatuh.

 

Berita Lainnya

25
09/2021
22
09/2021
15
09/2021
14
09/2021
PELAJAR INDONESIA MAKIN CAKAP DIGITAL
Author : SMK NU Tunas Bangsa
13
09/2021
KENAPA SISWA SMK PERLU PRAKERIN/MAGANG?
Author : SMK NU Tunas Bangsa


Tinggalkan Komentar